Menikmati keindahan 2 danau yang menarik di Aceh Barat

Wisata alam berupa danau yang berada di Aceh Barat tidak begitu banyak dan yang dikenal dan dikelola oleh pemerintah setempat ada dua, yaitu danau Geunang Guedong dan danau Krueng Nyat. Kedua danau itu menjadi daya tarik wisata bagi warga sekitar dan provinsi Aceh pada umumnya, semoga saja dapat naik ratingnya menjadi destinasi wisata nasional.

Secara geografis, kabupaten Aceh Barat terletak di bagian pantai barat dan selatan pulau Sumatera yang membentang dari barat ke timur mulai dari kaki gunung Geurutee (perbatasan dengan Aceh Besar) hingga ke arah Krueng Seumayam (perbatasan dengan Aceh Selatan). Dengan luas wilayah sekitar 10.097 km2, Meulaboh menjadi ibukota dan pusat pemerintahan kabupaten Aceh Barat. Hingga saat ini kota Meulaboh telah berumur 402 tahun terhitung sejak kesultanan Sultan Saidil Mukammil (1588-1604 M)

Wisata danau yang menarik di Aceh Barat

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya terdapat dua danau terkenal yang berada di kabupaten Aceh Barat hingga saat ini masih dikunjungi wisatawan yang ramai terutama pada musim liburan sekolah atau setiap akhir pekan.

Berikut ini kami jelaskan satu persatu dari keberadaan danau ini:
  1. Danau Geunang Krueng Nyat
    Danau Krueng Nyat terletak di sebelah Utara Meulaboh dengan jarak sekitar 40 km atau perjalanan 1 jam lebih jika menggunakan kendaraan roda empat. Kami belum dapat memberikan informasi lebih dalam mengenai danau ini, namun lokasi danau ini cukup mudah untuk dicapai, dan sekitar 3,8 km sebelah utara terdapat taman makam pahlawan nasional Teuku Johan Pahlawan.
    Danau Geunang Krueng Nyat
    Gambar oleh: maps.google.com 

    Alamat: Jl Geumpang-Tutut, Alue Kutuen, Panton Reu, Kabupaten Aceh Barat, Aceh
  2. Wisata danau Geunang Geudong
    Sejuta pesona tersimpan di danau yang berair tenang dan bening. Masyaallah, danau Geunang Geudong ini menjadi salah satu target wisata alam bagi mereka yang berkunung ke bumi tanah rencong ini. Keindahan danau Geunang Geudong (artinya: genangan air yang besar) sangat memukau dan di sekitar danau ditumbuhi tanaman hijau yang sejuk dan sangat nyaman untuk berteduh sembari menikmati segarnya alam.
    Wisata danau Geunang Geudong Aceh Barat
    Gambar oleh: tempatwisata.pro

    Wisata danau Geunang Geudong Aceh Barat Indonesia
    Gambar oleh: atjehliterature.blogspot.com

    Lokasi danau Geunang Geudong sekitar 20 km dari pusat kota Meulaboh yang dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat atau roda dua.

    Air danau berasa payau meskipun jauh dari pinggiran pantai. Danau ini berupa lekukan besar seperti wajan raksasa dengan mata air yang deras sehingga mampu mengisi seluruh danau dengan warna yang bening.

    Danau yang memiliki luas lebih dari 7 hektar ini meliputi 3 desa sekaligus dan sering digunakan sebagai sarana latihan tim SAR sekabupaten Aceh Barat. Danau besar ini rutin juga digunakan sebagai arena perlombaan dayung sampan dan sejenisnya.

    Tersedia fasilitas yang cukup memadai di area danau seperti warung, pondokan untuk berteduh, dan perahu mainan untuk anak-anak juga disediakan. Anda dapat berswafoto untuk menyimpan kenangan bersama keluarga di sekitar danau yang besar ini. Menurut salah satu situs asal aceh, pengunjung juga dibolehkan memancing di danau Geudong, entah sekarang mungkin sudah ada peraturan baru.

    Disarankan untuk melengkapi perbekalan sebelum berkunjung ke danau yang indah ini guna mengantisipasi kekurangan makanan. Jika kalian memiliki waktu senggang dan fisik yang sehat silakan berkunjung ke danau besar di wilayah Aceh Barat untuk menikmati keindahan dan ketenangan air danau Geunang Geudong.

    Alamat: Putim, Gampong Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681
Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Aceh_Barat
https://www.tempatwisata.pro/wisata/Danau-Geunang-Guedong
https://atjehliterature.blogspot.com/2013/03/pariwisata-aceh-barat-yang-unik.html
0 Komentar untuk "Menikmati keindahan 2 danau yang menarik di Aceh Barat "

Back To Top