9 destinasi wisata pantai menarik di Aceh Barat

Meulaboh sebagai ibu kota dari Kabupaten Aceh Barat yang terletak di sebelah Barat Aceh, dan merupakan provinsi paling ujung Barat dari Indonesia, terletak di sebelah Tenggara kota banda Aceh sekitar 245 km. Menurut sejarah, kota Meulaboh dan sekitarnya merupakan daerah yang paling parah terkena musibah tsunami pada tahun 2004 silam. Sebagai salah satu kota kelahiran pahlawan nasional yaitu Teuku Umar Johan, rata-rata penduduk kota ini berdagang dan menjual jasa. Sebagai kota yang cukup tua, daerah ini memiliki daya tarik wisata yang cukup menarik dan banyak, terutama wisata alamnya yaitu pantai.

Terdapat puluhan destinasi wisata di Meulaboh dan sekitarnya, kebanyakan berupa wisata alam terutama pantai dan danau, meskipun ada beberapa aset wisata yang berupa bangunan bersejarah dan tempat ibadah (masjid).

Kali ini penulis akan memaparkan untuk kalian jenis wisata pantai yang banyak terdapat di sekitar kota Meulaboh ibu kota Aceh Barat. Dengan alasan daerah ini memiliki aset paling banyak berupa pesisir pantai yang  terkenal dan berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Apalagi setelah kejadian bencana tsunami di tahun 2004 silam yang menyimpan sejuta kenangan sedih dan tak terlupakan, Qodarullah.😭

Destinasi wisata pantai paling menarik di sekitar Meulaboh Aceh Barat

Baiklah kita menuju ke destinasi wisata penting di kota Meulaboh, kabupaten Aceh Barat.
  1. Pantai batee puteh (batu putih)

    Pantai ini terletak sekitar 3 km dari kota Meulaboh Aceh Barat, dan berada pada possisi paling barat dari ujung pulau Sumatera, tepatnya di desa Suak Ujong Kalak. Pantai Batu Putih menjadi salah satu icon destinasi wisata di Aceh Barat. Dengan keindahan pantainya yang berpasir dan masih banyak tergeletak batu-batu berukuran cukup besar yang rata-rata berwarna putih. menurut sejarah, Teuku Umar Johan (suami dari Cut Nyak Dien) dahulu sering beristirahat di pantai ini dan bersandar di batu besar yang berwarna putih. Dan di pantai inilah pahlawan nasional itu meninggal di tembak oleh tentara Belanda saat sedang beristirahat.
    Wisata pantai batu putih Aceh Barat
    Sumber: triptrus.com
    Bagi kalian yang ingin berlibur untuk menikmati pemandangan alam khas pantai dengan pasir dan bebatuan putih, maka Pantai Batee Puteh sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata menarik yang perlu dijadwalkan.
    Alamat: Suak Ujong Kalak, Aceh Barat
  2. Pantai Cemara Indah
    Pantai berpasir putih dengan panorama yang indah terletak disebelah barat daya Meulaboh dengan jarak sekitar 4 km darai Blangpidie, tepatnya di desa Palak Hilir Sebagai salah satu pantai terindah di pulau sumatera, dan merupakan pantai buatan (artinya ada beberapa bagian pantai yang memang sengaja dibuat untuk melengkapi bagian yang telah ada sebelumnya), pantai Cemara Indah ditumbuhi dengan pohon cemara yang indah dan cocok untuk duduk beralaskan tikar di bawahnya.
    Pantai cemara Indah Aceh Barat
    Sumber: triptrus.com
    Pantai ini termasuk destinasi wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan untuk berlibur bersama keluarga. Tempat ini masih terus dibenahi guna menampung ramainya pengunjung dan meningkatkan kenyamanan bagi wisatawan.

    Dalam lingkungan pantai telah dilengkapi dengan bangku taman dan tempat berteduh, warung makan dan jajanan, tempat bermain anak-anak, musholla dan lapangan olahraga bagi yang hobby berolahraga.
  3. Pantai Lhok Geudong
    Salah satu spot wisata bahari yang ramai dikunjungi wisatawan adalah pantai Lhok Geudong yang antar mukanya langsung berhadapan dengan Samudra Hindia karena terletak di bagian Barat Nangroe Aceh Darussalam.
    Pantai Lhok Geudong Aceh barat
    Gambar oleh: maps.google.com @Razali Li
    Di pantai ini terdapat pepohonan yang rindang yang dapat dijadikan tempat buat berteduh bagi traveller sembari makan dan minum bersama keluarga. Pemandangan perahu nelayan yang hilir mudik dan sedang bersandar di pinggiran pantai membuat suasana pantai terasa hidup dan ramai. Kalian dapat memesan air kelapa muda untuk melepas dahaga, wah segar dan mantaf kali ya...😁

    Kalian nggak usah khawatir jika ingin ke kamar ganti dan kamar mandi serta fasilitas buang air yang cukup memadai. Dan tidak kalah penting tersedia fasilitas musholla untuk beribadah jika waktunya telah tiba.

    Alamat: Meulaboh, kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681.
  4. Pantai Suak Ribee
    Wisata bahari yang satu ini tidak kalah menariknya dengan pantai lainnya di daerah Aceh Barat. Lokasi pantai ini berdekatan dengan masjid Raya Baitul Makmur Meulaboh. Dengan penamaan bahasa lokal, pantai Suak Ribee memiliki keindahan yang cukup memukau di sepanjang pinggiran laut bagian barat Aceh.
    Wisata pantai Suak Ribee
    Gambar oleh: maps.google.com @M Irawan Kusuma
    Namun yang menjadi ciri khas pantai ini adalah pasirnya yang berwarna hitam dan bertekstur halus. Indah sekali menikmati panorama di pantai Suak Ribee pada sore hari dengan warna yang orange kemerahan bersama keluarga.

    Di sepanjang pantai bagian barat Indonesia ini juga tersedia warung yang menjual aneka minuman dan yang paling khas adalah kopi tubruk atau kopi terbalik-nya. Minuman ini diseduh dengan gelas pada piring kecil dengan posisi terbalik, bagaimana meminumnya? Silakan ambil satu buah pinset atau sedotan untuk menghirup hangatnya segelas kopi Aceh yang terkenal maknyoss..

    Alamat: Jl. Iskandar Muda, Suak Ribee, Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23612.
  5. Pantai Ujong Kareung
    Pantai Ujong Kareung atau disebut juga ujung karang merupakan salah satu destinasi wisata andalan di Kabupaten Aceh Barat. Lokasinya memang terletak di ujung Bagian Barat pulau Sumatera.
    Pantai Ujong Kareung
    Gambar oleh: google.com/maps/ @Pea Paser Usman
    Di sini kalian dapat menikmati pemandangan pantai yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia sehingga dapat melihat panorama terbenam matahari dari arah Barat yang tidak akan dijumpai pada pantai bagian Timur.

    Alamat: Desa Suak Indrapuri Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh Aceh Barat 23681
  6. Pantai Suak Timah
    Salah satu destinasi wisata paling digemari warga Aceh adalah pantai, menjelang liburan sekolah dan akhir pekan untuk sejenak menikmati keindahan panorama alam bahari nan memukau guna melepas rasa jenuh setelah sekian lama bekerja.
    Pantai Suak Timah
    Gambar oleh: kompas.com
    Saat liburan pantai ini banyak dikunjungi wisatawan lokal dengan keluarga sekedar berteduh di bawah pohon cemara yang masih dipelihara dan cukup banyak. Anak-anak juga bisa bermain di pasir yang halus sembari berlari mengejar anak-anak kepiting yang berlarian disapu ombak. Kalian dapat menikmati keindahan pantai ini di saat tenggelam matahari yang tidak ditemukan pada pesisir pantai sebelah Timur.

    Suasana pantai ini cukup ramai dan aman bagi kendaraan serta nyaman, namun barang kecil diusahakan dibawa sendiri.

    Alamat: Suak Timah, Samatiga, Kabupaten Aceh Barat, DI Aceh.
  7. Pantai Lhok Bubon
    Pantai  Lhok Bubon yang terletak di kawasan Barat Aceh menjadi salah satu tujuan wisata lokal untuk mengatasi kejenuhan setelah bekerja dan beraktivitas. Pantai ini ramai dikunjungi wisatawan terutama di hari libur dan liburan sekolah.
    Pantai Lhok Bubon
    Gambar oleh: google.com/maps/ @Sherly Nofrida Ulfa
    Di pantai ini pengunjung dapat menikmati olahan hasil laut yang segar, membeli ikan hasil tangkapan nelayan pada saat pelelangan, dan melihat kapal-kapal tongkang pengangkut batu bara.

    Jarak tempuh pantai Lhok Bubon dari kota Meulaboh sekitar 18 km dan dapat ditempuh dengan kendaraan sekitar 29 menit.

    Alamat: Lhok Bubon, Samatiga, Kabupaten Aceh Barat, DI Aceh 23652
  8. Pantai Suak Udeung
    Keindahan pantai satu ini menawarkan kesejukan dan ketenangan dengan pemandangan seadanya. Pantai Suak Udeung terletak dipesisir sebelah Barat Daya Aceh. Pantai yang bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar 10 menit dari Ujong Manggeng ini masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Jarak dari kota Meulaboh sekitar 145 km atau sekitar 3 jam perjalanan dengan kendaraan roda empat. Sedangkan jika melewati Blangpidie bisa ditempuh sekitar 37 menit atau 23 km. Pantai ini belum dikolola dengan baik dan masih terlihat sampah dan kayu yang berserakan di sekitar pantai.
    Pantai Suak Udeung
    Gambar oleh: maps.google.com @Vern
    Pantai ini nyaris ditinggal oleh penduduk pasca bencana tsunami yang melanda di tahun 2004 yang lalu. Dahulunya pantai ini juga bekas pangkalan pendaratan ikan, terlihat dari bekas puing-puing beton yang masih utuh namun tidak digunakan lagi. Disarankan untuk membawa bekal dan peralatan yang cukup ketika hendak berkunjung ke pantai Suak Udeung, sebab nyaris tidak ada penduduk dan hal ini juga demi kenyamanan kalian ketika hendak berlibur dan mencari ketenangan  melihat pesisir pantai di sebelah Barat Daya Aceh. Tertarik untuk mengunjungi pantai ini, silakan catat alamat berikut.

    Alamat: Sejahtera, Manggeng, kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh 23762
  9. Pantai Jilbab
    Salah satu destinasi wisata bahari yang ada di kabupaten Aceh Barat adalah pantai jilbab. Bagi muslimah, jilbab tidak asaing lagi dan terutama bai kalian yang telah terbiasa menggunakannya. Di pantai ini para wanita diharuskan mengenakan jilbab, yang menurut cerita warga setempat, pada tahun 1998 ketika terjadi konflik di Aceh, setiap wanita yang berkunjung ke pantai yang berada di sebelah barat arah kota Blangpidie ini dirazia dan tidak boleh masuk jika belum mengenakan kerudung. Karena hal itulah yang menjadikan pantai ini dinamakan pantai jilbab.
    Wisata pantai jilbab Aceh Barat
    Gambar oleh: maps.google.com @Abang
    Jarak tempuh dari Blangpidie ke pantai jilbab ini  5,3 km atau sekitar 13 menit menggunakan kendaraaan roda empat jika tidak ada kemacetan di jalan.

    Alamat: Kedai Susoh, Susoh, kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh 23763
Demikian destinasi wisata pantai yang cukup menarik untuk dikunjungi oleh kalian yang hendak menikmati liburan bersama keluarga. Bagi Anda yang berada di wilayah Jakarta dan hendak menuju ke Aceh, dapat menggunakan pesawat dengan jarak tempuh sekita 2 jam 50 menit langsung ke Banda Aceh. Kemudian dilanjutkan dengan perjalanan menggunakan kendaraan roda empat dengan jarak tempuh sekitar 237,9 km atau 4 jam 18 menit ke kota Meulaboh. Selain itu Anda juga bisa naik pesawat ke arah Bandara Kuala Batee di Blangpidie, dilanjutkan dengan perjalanan darat menuju pantai.

Masing-masing tempat wisata memiliki daya tarik tersendiri yang bisa kalian nikmati bersama keluarga untuk menyegarkan fikiran dengan sekedar melihat panorama pantai atau bermain bersama anak-anak yang mengasyikkan. Pemirsa yang kami hormati, masih banyak wisata alam dan wisata bahari di kabupaten Aceh Barat yang belum terungkap, semoga di kesempatan lain bisa kami uraikan.

Referensi:
https://wisato.id/wisata-alam/10-tempat-wisata-yang-memikat-di-aceh-barat/
https://suara1996.blogspot.com/2018/11/28-rekomendasi-tempat-wisata-menarik-di-meulaboh-aceh-barat-yang-hits.html
https://jejaktrip.com/tempat-wisata-di-meulaboh/
https://festivaljalanjalan.com/tempat-wisata-di-aceh-barat-yang-wajib-dikunjungi/



0 Komentar untuk "9 destinasi wisata pantai menarik di Aceh Barat"

Back To Top